Buku Tamu  ::   Surat Pembaca  ::   Kontak Kami  ::   

Informasi dan Undangan Liputan 0816 148 6092

Berita


Minggu, 07 Agustus 2011 03:01 Oleh: Ira Firdianti

Peluang Usaha

Bisnis Futsal Kian Digandrungi

Calcio Futsal. Foto : Cakrayuri | Warta Pakwan

Warta Pakwan | Siapa yang tak tahu Futsal ? Olahraga yang tengah digandrungi kaum adam ini menjadi salah satu olahraga favorit saat ini. Bahkan tak sedikit kaum hawa pun ikut memainkannya.

Permainan olahraga yang sejak ada tahun 1930 ini menjadi salah satu lahan bisnis baru. Bisnis yang ditawarkan ialah berupa penyewaan lapangan permainan.

Iman Firoyo misalnya, berkat kegemarannya pria 37 tahun itu turut serta mendirikan bisnis penyewaan futsal. Hobi bermain futsal dengan teman-temannya membuat Imam berfikir untuk membuat, membuka dan mengelola bisnis lapangan futsal.

Menurutnya, bisnis lapangan futsal selain mendapatkan keuntungan, dirinya mempunyai keinginan agar masyarakat khususnya anak-anak untuk gemar berolahraga.

“Saya ingin semua masyarakat gemar olahraga, karena olahraga itu sehat,” kata Imam, Owner Calcio Futsal saat ditemui WartaPakwan

Calcio Futsal, nama lapangan futsal milik Imam yang berada di Jl. Dedi Kusmayadi ini diambil karena dirinya menggemari liga sepak bola Italia, yaitu Calcio League.

Lapangan futsal yang berdiri pada tanggal 16 Juli 2008 ini, awalnya hanya terdapat dua lapangan futsal dalam satu gedung yang luasnya 22 x 11 meter dengan menggunakan rumput sintetis.

Namun, tidak hanya berhenti sampai disini saja. Setelah mempunyai banyak pelanggan, pria yang lahir pada tanggal 8 Juli 1974 ini, memutuskan untuk membuat dua lapangan futsal baru di gedung berbeda yang tepat berhadapan dengan gedung sebelumnya pada Maret 2010.

“Perbedaan dengan lapangan yang sebelumnya adalah pada ukurannya yang lebih luas, yaitu 27 X 17 meter,” jelas pria yang tinggal di Jl. Bina Citra no. 1.

“Saya membuatnya dengan ukuran diatas standart, agar para pemain merasa aman dan nyaman saat bermain,”tambahnya.

Dengan target pemain yang berada di wilayah Cibinong dan sekitarnya, Calcio Futsal memiliki fasilitas berupa kantin, toilet, dan juga mushola.

Harga untuk sewa lapangan futsal di calcio ini beragam, namun terbilang cukup murah. Untuk lapangan yang lama, dari hari Senin hingga Minggu mulai dari Rp. 50. 000,- sampai Rp. 75. 000,-. Sedangkan untuk lapangan baru, untuk hari Senin hingga Kamis harga mulai dari Rp. 75.000,- hingga Rp. 125.000,- dan untuk hari Jumat sampai Minggu mulai dari Rp. 125.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-.

Banyaknya Pesaing

Munculnya lapangan futsal baru bagi Iman adalah hal yang wajar. Namun, tidak bisa dipungkiri dirinya harus rela kehilangan pelanggan tetapnya.

“Banyaknya usaha lapangan futsal baru, membuat naik turun pelanggan secara ekstrim sehingga membuat usahanya sepi pelanggan,” jelas Imam.

Saat ditanya tim WartaPakwan tentang upaya yang dilakukan untuk mengembalikan pelanggan, dirinya pun melakukan promosi di wilayah Cibinong.

“Saat sepi pelanggan, saya melakukan promosi, mengundang RT dan Rw se-Cibinong untuk bermain futsal secara gratis,” jawab Imam yang juga lulusan S2 dengan jurusan Administrasi Umun.

Namun, walaupun banyaknya pesaing, Imam pun berpesan untuk tempat futsal agar gemar melakukan promosi.

“Kalau dari segi bisnis, bagi yang memiliki usaha lapangan futsal, sebaiknya melakukan promosi agar dapat menarik perhatian pelanggannya,” tutup Imam sambil melemparkan senyum.

ira@wartapakwan.com

Social Bookmarks (sp_socialbookmarks): Could not open file "".

Komentar

Tidak ada data diketemukan

Belum ada yang berkomentar

Tambah Komentar

Adding an entry to the guestbook
CAPTCHA image for SPAM prevention