Buku Tamu  ::   Surat Pembaca  ::   Kontak Kami  ::   

Informasi dan Undangan Liputan 0816 148 6092

Berita


Sabtu, 05 November 2011 03:05 Oleh: Haris Kurniawan

Tips

Cara Aman Memilih Hewan Qurban

Hewan Qurban Sapi. Foto : Kurniawan | Warta Pakwan

Warta Pakwan | Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal hari raya qurban merupakan salah satu hari besar keagamaan umat islam diseluruh penjuru dunia.

Dimana pada zaman nabi Ibrahim, dirinya rela menyembelih anaknya demi perintah Allah SWT, namun atas kebesaranNYA. Anak nabi Ibrahim diubahnya menjadi hewan qurban, karenanya sejak saat itulah umat Islam diwajibkan berqurban bagi yang mampu.

Nah disaat kita beribadah maka dipastikan kita ingin memberikan yang terbaik, termasuk saat beribadah qurban dengan memilih hewan qurban yang baik dan sesuai syariah Islam, berikut sedikit tips memilih hewan qurban yang baik dan sehat.

1. Lolos Dinas Kesehatan

Pastikan tempat hewan qurban yang Anda datangi atau yang Anda beli memiliki sertifikat lolos kesehatan dari departemen kesehatan setempat terkait hewan qurban yang dijajakan.

2. Hewan Sehat

Pastikan anda memilih hewan qurban yang sehat, jangan takut untuk bertanya atau menanyakan kondisi hewan qurban pilihan anda.Lihat kondisi fisik, seperti mata, mulut, telinga, hingga tanduk dan bulu.

3. Tidak Cacat

Selain sehat, hewan qurban juga tidak cacat disemua fisik, dari mulai gigi, mata, tanduk, telinga, kaki. Selain itu pilih hewan qurban berkelamamin jantan, dan cukup umur. Ini dapat dilihat dengan pertumbuhan gigi tetap yang ada dalam mulut hewan qurban pilihan Anda, atau biasanya berumur 1 tahun lebih hingga 2 tahun.

4. Kandang Sehat

Lihat pula kondisi kandang hewan qurban yang akan Anda beli, pastikan memiliki ruang gerak yang cukup, fentilasi udara, tidak kehujanan atau kepanasan.

5. Mau Bertanya

Ini penting, selain untuk mengetahui kondisi hewan qurban Anda. Teknik mau bertanya juga dapat meyakinkan Anda dengan hewan pilihan Anda.

Semoga tips dari kami bermanfaat, selamat melaksanakan ibadah qurban. Semoga ibadah Anda dapat terlaksana sesuai syariah Islam.

harris@wartapakwan.com

 

Social Bookmarks (sp_socialbookmarks): Could not open file "".

Komentar

Tidak ada data diketemukan

Belum ada yang berkomentar

Tambah Komentar

Adding an entry to the guestbook
CAPTCHA image for SPAM prevention