Buku Tamu  ::   Surat Pembaca  ::   Kontak Kami  ::   

Informasi dan Undangan Liputan 0816 148 6092

Berita


Minggu, 03 April 2016 15:00

Sundawani Bedah Rumah Timah

Iwan Rio berikan bantuan kepada Timah. Foto: Dekris

Ketua DPD Sundawani Kabupaten Cianjur  H. Iwan Rio Mustofa Kembali melakukan bedah rumah tidak layah huni (Rutilahu) milik warga. Bedah rumah kali ini, milik Timah (55) warga Kp. Mekarwangi Rt. 03/01 Dusun Cibuyut Desa Girimukti Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur, Minggu (03/04/2016) kemarin.

Mendapat bantuan tersebut, Timah yang berstatus janda ditinggal wafat suami ini terlihat begitu senang dan bahagia. Bahkan wajahnya sumringah ketika menyambut kedatangan rombongan Sundawani ke rumahnya.

Rumah yang ia huni bersama 1 orang anaknya itu, kondisinya sangat memprihatinkan. Rangka rumahnya nyaris tak mampu menyangga bangunan yang terbuat dari bambu dan kayu.

Dinding dan atapnya bolong-bolong, lantainya retak-retak dan kusennya pun banyak yang lapuk dimakan usia. Bahkan salah satu ruangan dekat dapur, sudah ambruk.

“Kalau hujan besar, atap dan gentingnya bocor . Kalau lagi hujan, saya takut rumah ini ambruk. Tumpukan dus berisi pakaian dan beberapa perabotan rumah sengaja diletakan di atas lemari. Kalau hujan, barang-barang sudah aman tinggal diangkut dan dibawa mengungsi,” tutur Timah mengeluhkan.

Sementara itu,  kegiatan yang dibantu oleh  anggota TNI AD Kodim 0608 Babinsa Desa Girimukti Kopda Rakhmat H Oong menyebutkan, di wilayahnya ada beberapa rumah yang termasuk rutilahu. Dari beberapa rumah itu, yang paling parah milik Timah. “Memang, rumah Bu Timah kerusakannya lebih parah sehingga cocok dibantu,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Sundawani yang juga ketua Umum Cianjur Bersatu mengatakan, bantuan dana untuk memperbaiki rumah Timah tersebut,  hasil iuran para pengurus Sundawani dan Cinajur Bersatu serta para donatur lainnya.

“Uang ini bukan dari APBD atau APBN, tapi murni rereongan para rekan rekan sejawat dan bantuan sukarela dari pihak lainnya,” kata Iwan.

Ia menuturkan, melalui bedah rumah tersebut diharapkan dapat memotivasi warga dan aparat setempat untuk bergotong royong memperbaiki rumah warga yang tidak mampu.

Seperti halnya perbaikan rumah Timah, sehingga semua warga turut membantu menyumbangkan tenaga dan waktunya. “Jadi jangan hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja,” ujarnya.

Lebih jauh Iwan menjelaskan, kegiatan bedah rumah itu sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang silau. Hingga kini, baru ada beberapa unit rumah warga yang dibantu melalui bedah rumah tersebut. Tahun ini, ditargetkan 22 rumah warga yang akan diperbaiki.

Terpisah, Bupati Terpilih Kabupaten Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar, mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bekerjasama membantu pelaksanaannya. Untuk itu pihaknya akan mencoba mendata kembali masyarakat yang membutuhkan rutilahu dan berkoordinasi dengan pihak desa/ kecamatan untuk diajukan. Selain itu, pihaknya akan memaksimalkan semua potensi yang bersumber dari Corporate Social Responsbility (CSR) untuk disalurkan sebagai dana bagi program rutilahu. (Dekris)

Social Bookmarks (sp_socialbookmarks): Could not open file "".

Komentar

Tidak ada data diketemukan

Belum ada yang berkomentar

Tambah Komentar

Adding an entry to the guestbook
CAPTCHA image for SPAM prevention